Slider jquery
  • image-slider-2
  • image-slider-3
  • image-slider-5
"SOSIALISASI PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK"

Posted on June 1, 2014 by idiJaktim

Akhir-akhir ini tuntutan hukum yang diajukan oleh pasien atau keluarganya kepada pihak rumah sakit dan atau dokternya semakin meningkat. Adapun tuntutan tersebut berawal dari ketidakpuasan pasien dan keluarganya sehingga menjadi suatu sengketa dengan kata lain sengketa medik.

Banyak sekali masalah yang terjadi antara pasien dengan dokter dan juga pasien dengan rumah sakit. Tetapi sebenarnya permasalahan itu juga tidak terlepas dari permasalahan yang dapat terjadi terhadap tenaga kesehatan lain, seperti bidan, perawat dan lain-lain sejauh berhubungan dengan yang namanya pasien. Pada dasarnya manusia didalam lingkungan kehidupan ataupun pergaulan sehari-hari tidak pernah luput dari sengketa, tetapi berapa besar sengketa yang terjadi tersebut. Biasanya kalau sengketa yang ringan dapat diselesaikan dengan cara damai kedua belah pihak tanpa ada proses perdamaian, jika sengketa tersebut mulai besar dan sulit untuk diselesaikan oleh masing-masing pihak, maka dibutuhkan proses untuk mencapai perdamaian, bisa hanya kedua belah pihak bersama-sama menyelesaikannya tetapi melalui proses negosiasi. Untuk kasus yang sulit para pihak untuk menyelesaikannya maka disinilah peran pihak ketiga sebagai mediator untuk membantu proses damai untuk mencapai suatu kesepakatan antara para pihak.

Dalam kehidupan masyarakat yang modern, dimana telah banyak mengerti dan memahami permasalahan hak dan kewajibannya, di bidang kedokteran masyarakat yang awalnya melihat bahwa semua tindakan pelayanan kesehatan dan rumah sakit adalah upaya sosial dan kemanusiaan yang dilakukan semata untuk menolong hasrat hidup seseorang, apabila terjadi kesalahan dalam penanganan terhadap pasien yang dilakukan oleh pelayan kesehatan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari dan pasien dan atau keluarganya hanya menerima dengan pasrah. Pada era globalisasi yang terjadi saat ini hal tersebut bukan lagi merupakan hal yang biasa terjadi tetapi masyarakat yang dilayani oleh pelayan kesehatan akan mencari sebab dengan mengacu kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, jika dalam hal ini terjadi penyimpangan maka terjadilah suatu sengketa medik. Pada umumnya jika terjadi sengketa medik baik antara dokter dan atau rumah sakit pasien dan atau keluarganya akan menempuh jalur hukum seperti, melaporkan kepada pihak penyidik (polisi). Masyarakat masih merasa bahwa dengan bantuan pihak penyidik sengketa yang terjadi antara pasien dan atau keluarganya dengan pelayan kesehatan dapat terselesaikan, tetapi tidak pernah memikirkan biaya dan waktu yang lama untuk prosesnya. Dalam hal terjadinya sengketa medik bahwa penyelesaiannya lebih baik melalui proses mediasi, karena dianggap lebih menguntungkan kedua belah pihak.

BHP2A (Biro Hukum Pembinaan dan Pembelaan Anggota) dalam hal ini merasa perlu untuk melaksanakan sosialisasi dan penjelasan kepada para pelaku dibidang pelayanan kesehatan terutama Rumah Sakit dan klinik untuk dapat memahami dalam penyelesaian sengketa medik melalui proses mediasi dengan harapan menjembatani antara para pelaku pelayan kesehatan dengan pengguna layanan kesehatan.

Dengan Jadwal Sebagai Berikut:

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-1
Hari/Tanggal : Sabtu, 08 Februari 2014
Tempat : RS Premier Jatinegara
Waktu : 08.00 s/d 13.00 WIb

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-2
Hari/Tanggal : Selasa, 06 Mei 2014
Tempat : Rumah Sakit Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto
Waktu : 13.00 s/d 15.00 WIb

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-3
Hari/Tanggal : Senin, 19 Mei 2014
Tempat : Rumah Sakit Angkatan Udara (RS AU) Halim
Waktu : 08.00 s/d 10.00 WIb

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-4
Hari/Tanggal : Sabtu, 14 Juni 2014
Waktu : 09.00 - 11.00WIB
Tempat : RS Olahraga Cibubur-Kemenpora RI

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-5
Hari/Tanggal : Selasa, 17 Juni 2014
Waktu : 13.00 - 15.00WIB
Tempat : RS Islam Pondok Kopi Jakarta Timur

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-6
Hari/Tanggal : Selasa, 24 Juni 2014
Waktu : 13.00 - 15.00WIB
Tempat : Harapan Bunda Rs

"Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Medik" Edisi-7
Hari/Tanggal : Jum'at, 31 Oktober 2014
Waktu : 13.00 - 15.00WIB
Tempat : RS Antam Medika

Pendaftaran hub : 02187799687
atau SMS ke 081212510001
Format SMS : NAMA#SOSIALISASI#TANGGAL

Segera Daftar GRATIS Peserta Terbatas

Info Sekretariat IDI Cabang Jakarta Timur
Telp. 021-87799687

Biaya dan 2SKP
GRATIS